cara mengelas aluminium,
kali ini kita akan membicarakan beberapa teknik mengelas lainnya. Anda
mungkin sudah biasa melihat orang mengelas pagar, mengelas body
kendaraan dan beberapa pengelasan lainnya. Metode yang dipergunakan
antara lain teknik welding dan lain-lain.
Yang anda lihat adalah pekerjaan yang mudah tetapi membutuhkan
keahlian khusus. Enaknya semua dilakukan di darat. Lalu bagaimana
mengelas sebuah kapal? Selain membutuhkan ekstra tenaga anda juga
membutuhkan ekstra skil untuk pengelasan di bawah laut.
Pengelasan dibawah laut, butuh perhitungan yang tepat dan alat khusus tentunya. Tingkat keselamatan kerjanya pun sangat rendah. Selain menggunakan alat yang cukup berbahaya, resiko kematian pun lebih besar karena bekerja di bawah laut.
Pengelasan di bawah laut menggunakan alat-alat khusus seperti waterproof electrodes dan katodic protection
Untuk pengelasan di bawah laut menggunakan
metode GTAW atau metode wet welding. Metode yang digunakan tergantung
kedalaman laut. Hal ini disebabkan karena pengaruh tekanan air laut
sehingga metode yang digunakan pastinya berbeda. Resiko mengelas di
darat dan dilaut tentu sangat jauh berbeda. Sama-sama berpotensi untuk
tersetrum tetapi untuk yang dilaut tingkatannya lebih tinggi.
Minggu, 18 Maret 2012
Misalnya mengelas besi dan Las Aluminium.
Las sendiri terbagi menjadi dua yaitu las karbit dan las listrik,
Teknik mengelas oun tidak sembarangan. Untuk las listrik sendiri harus
disesuaikan antara materi yang akan di las dengan kawat las listrik yang
akan digunakan. Jika tidak maka hasil las tidak maksimal
Las listrik menggunakan alat untuk mengubah tegangan sehingga dapat melelehkan kawat las sedangkan las karbit menggunakan tabung gas dan juga tabung penguapan yang diisikan karbit sebagai bahan utama menghasilkan api.
Penggunaan las listrik dan las karbit juga berbeda. Untuk pekerjaan kasar atau mengelas bahan yang lebih kuat digunakan las listrik. Contoh untuk mengelas pipa atau mengelas baja. Las karbit digunakan untuk pekerjaan yang tergolong ringan atau halus seperti mengelas body mobil.
Lalu bagaimana cara untuk mengelas aluminium? Las aluminium tentu berbeda dengan mengelas besi biasa atau mengelas baja. Karena sifat aluminium dan besi sangat berbeda. Sama-sama keras namun aluminium memiliki tingkat korosi yang lebih rendah ketimbang besi. Sehingga dibutuhkan kawat las yang berbeda.
Las listrik menggunakan alat untuk mengubah tegangan sehingga dapat melelehkan kawat las sedangkan las karbit menggunakan tabung gas dan juga tabung penguapan yang diisikan karbit sebagai bahan utama menghasilkan api.
Penggunaan las listrik dan las karbit juga berbeda. Untuk pekerjaan kasar atau mengelas bahan yang lebih kuat digunakan las listrik. Contoh untuk mengelas pipa atau mengelas baja. Las karbit digunakan untuk pekerjaan yang tergolong ringan atau halus seperti mengelas body mobil.
Lalu bagaimana cara untuk mengelas aluminium? Las aluminium tentu berbeda dengan mengelas besi biasa atau mengelas baja. Karena sifat aluminium dan besi sangat berbeda. Sama-sama keras namun aluminium memiliki tingkat korosi yang lebih rendah ketimbang besi. Sehingga dibutuhkan kawat las yang berbeda.
Incoming search terms:
Langganan:
Postingan (Atom)